Rabu, 21 Mei 2014

DIPUJI atau DIGUNJING

Assalamu'alaykum...

Dilihat dari judulnya udah tau dong, apa yang mau dibahas? Jawabannya adalah MA-KA-NAN.
Dalam pernikahan, menu katering tuh kuncinya! Suguhan utama kita kepada tamu adalah makanan. Banyak lidah yang harus dilayani, banyak saraf yang harus dipuaskan, banyak perut yang harus dikenyangkan :D

Selama aku kondangan ke berbagai tempat, makanannya memang sih ga jauh-jauh menunya dan rasanya juga kebanyakan begitu itu. Tapi pernah loh, datang ke kondangan, rasa makanannya tuh aduuuhhh,, ga banget. Dan sepulang kondangan, rasa makanan yang ga enak ini yang dibahas. Waduh... panjaaaanggg banget pembahasannya. Gosiiiippp tak henti-henti.

Aku juga pernah datang ke acara pernikahan yang makanannya tuh yang mmmmmhhhh nyummmyyyy sangat! Duh, sepulangnya dari situ, makanan lagi yang jadi bahan pembicaraan. Cuma sayang, waktu itu aku ga begitu peduli untuk mencari tahu, katering apa yang makanannya enak, katering apa yang makanannya ga enak. Sekarang baru deh rusuh...

Tapi bener loh, bagiku makanan tuh memang harus jadi prioritas. Bayangkan ya, kita MENGUNDANG orang untuk datang ke acara kita. Secara sadar loh, mengundangnya. Otomatis, kita harus melayani tamu dong. Bayangkan, tamu yang udah bela-belain dandan rapi dari rumah, bermacet-macet di jalan, cape-cape belain datang memenuhi undangan kita, masa' ga dilayani dengan baik. Nah, melayaninya bagaimana? Ya dengan suguhan makanan salah satunya. Kalau sikap ramah, menyambut sih udah pasti ya. Makanan ini loh yang harus dipikirkan. Udah cape di jalan, pas makan eh makanannya ga enak. Kalau seperti itu, rasanya kecewa kali ya....

Jadi, untuk mencari katering, aku berniat mencari dengan sungguh-sungguh! tetep yang murah juga, hehehehe
Oh iya, aku mau ambil yang paketan aja biar ga ribet mondar-mandir. Jadi, mulai dari sini kita akan bahas tentang makanan. Kayanya topik ini yang bakalan banyak dibahas di blog para calon pengantin dan bagiku proses cari katering itu seru banget dan paling enyaaaakkkkk! :D

Salah satu hal yang harus diperhatikan waktu cari katering adalah apakah katering itu rekanan dengan gedung karena ini akan berpengaruh ke charge yang akan dibebankan ke kita walaupun sebenarnya sih sekarang banyak gedung yang mewajibkan untuk memakai katering rekanan.

Ngomong-ngomong soal rekanan, sesudah booking Graha Zeni, kami bawa pulang bejibun katalog katering rekanan Zeni. Banyak bangeeettt.... mungkin ada 30 katalog kami bawa, lebih malah sepertinya. Bagaimana memilihnya ya??? @.@
Nah, di antara katalog-katalog itu, ada katering-katering yang bersliweran di blog-blog dan dijamin mutunya. Tapi tetep ya harus dipelajari. Ada satu katering yang aku yakin banget ga akan aku ambil karena pernah lihat performanya di pernikahan temanku di Gelanggang Remaja Rawamangun karena aku kurang selera dengan makanannya. Namanya selera, ga bisa dipaksa kan? Aku ga selera, tapi orang lain mungkin selera.

Proses pencarian katering ini bagiku lumayan.... membingungkan! Seperti yang banyak dilakukan orang, hal pertama yang dilakukan adalah menanyakan price list. Katering mana yang mau ditanya? Bingung sebetulnya karena banyak banget rekanan Zeni. Tapi kami coba untuk sortir sedikit demi sedikit. Dan terpilihlah beberapa katering untuk ditanya PL-nya. Pakai metode apa sortirnya?
1. Metode pengalaman pernah mencoba katering yang kami ingat
2. Metode baca review blog-blog para calon pengantin dan lulusan capeng
3. Metode firasat hati alias feeeling owh owh feeling :D

Jadilah katering ini yang aku minta PL:
1. Katering Mardika
2. Maharani
3. Puspita Sawargi
4. Chikal Primarasa
5. Adiyasa Catering
6. H. Tinah Catering
7. Tidar's Catering
8. Hendra Pelangi
9. Nazwa

Untuk nomor 1 sampai 4 insya Allah mau kubuatkan reviewnya tapi kalau nomor 5 sampai 9 aku ga ada reviewnya karena udah ga sempat keliling lagi dan udah malas rasanya coba-coba ke tempat lain lagi. Malah bikin tambah bingung milihnya ;p

Nah, dari sembilan katering itu, nomor 1 sampai 7 yang membalas emailku untuk minta PL-nya, itu pun bertahap dalam beberapa hari. Ada yang cepat balasnya, ada juga yang sampai beberapa hari, ada juga yang perlu ditanya 2x baru balas email. Selebihnya ga balas email. Itulah perjalanan awal mencari katering.

Setelah dapat balasan email, aku lumayan kaget dengan harga-harganya dan tiap katering punya sedikit perbedaan isi paket. Karena tiap price list kan dirinci tuh apa yang didapat dan ada yang katering A kasih tapi katering B ga kasih, aku punya ide untuk membuat excel dari keenam katering itu. Aku jajarkan apa yang bisa didapat dari tiap-tiap katering dan berapa harga totalnya. Maksudnya supaya mudah membandingkan gitu... Setelah jadi, aku laporan ke keluargaku dan calon suami untuk berunding mau ambil yang mana. Tapi karena excel perbandingan ini, aku dan calon suami sempat mengalami salah paham. Tapi alhamdulillah sudah jelas sekarang dan insya Allah semua bisa dilanjutkan dengan baik. ;)

Oh iya, dari balasan email itu, kebanyakan katering tidak langsung menawarkan untuk test food. Dari 7 katering yang balas email, cuma 3 yang langsung menawarkan untuk test food, yaitu Maharani, Adiyasa, dan Puspita Sawargi. Tawaran test food? nyummmyyyy... :p
Saya pribadi sangat terkesan dengan katering yang langsung nawarin TF walaupun belum tentu kita jadi pelanggan mereka *modus
Terima kasih Maharani, Adiyasa, dan Puspita Sawargi...

Mmmmhh, untuk hasil TF, di post tersendiri aja ya...insya Allah dibuatkan post-nya. Tapi ga ada review untuk Adiyasa karena bentrok dengan acara keluarga waktu itu (26 April malam di Lemigas Cipulir). Maaf ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar